Contoh Bisnis Online Sukses

Tahap Awal  Merintis Bisnis Online Untuk Pemula

Contoh Bisnis Online Sukses

Contoh Bisnis Online Sukses

Contoh Bisnis Online Sukses – Apakah Kamu tengah mencari peluang bisnis yang bisa dikerjakan via internet?

 

Contoh Bisnis Online Sukses- Apakah Kamu juga sedang berusaha untuk mencari jalan memulai bisnis online dan mendambakan mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama Kamu?

 

Atau, Kamu memang benar-benar ingin fokus menerjuni jalur bisnis online sebagai sarana untuk mendapatkan sumber penghasilan utama?

 

Tenang, Anda tidak sendirian…

 

Artikel terkait

Peluang bisnis online rumahan

Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Bisnis Online Untuk Pelajar

 

Ada banyak orang di luaran sana yang tengah melakukan hal serupa. Termasuk saya…

 

Internet yang mampu melahirkan dunia maya, ternyata bisa memicu kita untuk membangun usaha lebih cepat dan dapat dijadikan untuk sumber pemasukan utama.

 

Nah, disini saya ingin bercerita pengalaman tentang bagaimana saya mengawali usaha melalui internet, berikut hal-hal yang dibutuhkan bila ingin membangun usaha online, yakni hal-hal inti yang penting untuk dikerjakan agar usaha Kamu bisa langsung dijalankan.

 

Untuk itu, ijinkan saya bercerita…

 

Warning: Artikel ini berisi 3000 kata lebih yang membahas tentang “tips cara bisnis online secara praktis”, yang bila Anda simak hingga selesai, dapat bermanfaat dan merubah hidup Kamu.

 

First Thing First – Catatan Pembuka.

 

Untuk Anda yang baru saja merintis, sebelum dibahas lebih lanjut, sangat baik jika kita definisikan dulu apa itu bisnis online.

 

Menurut kami, apapun bisnis yang berjalan menggunakan media internet bisa dikatakan BISNIS ONLINE. Jadi arti BISNIS ONLINE itu sendiri memang bisa amat sangat  luas.  Contoh Bisnis Online Sukses

 

Kalau kamu telah mempunyai bisnis yang diusahakan dengan cara offline, seperti usaha toko baju, toko makanan, toko mainan, atau apapun, kemudian kita buka juga di internet, itu bisa menjadi bisnis online.

 

Begini ceritanya: flashback – dimulai pada tahun 2009

 

Saya masih ingat, waktu pertama kali membangun bisnis online segala sesuatunya tampak seperti absurd. Banyak keraguan…

 

Kemudian, muncullah beberapa pertanyaan di dalam diri seperti:

 

Bisa dijalankan ga ya bisnis online ini?

Cocok apa nggak ya buat saya lakukan?

Langkah apa saja yang harus saya kerjakan agar bisa jalan?

Berapa modal yang akan dibutuhkan?

… dan segudang pertanyaan lainnya.

 

Meskipun tidak ada pedoman pasti langkah-langkah seperti apa yang sebenarnya harus dilakukan, menurut saya secara singkat ada 5 hal utama yang bisa kita persiapkan.

 

Apa saja itu?

Artikel Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Diet

Tips Perawatan Kulit

Berikut ini tahap-tahap memulai usaha online buat pemula:

 

Niat harus lurus, Anda harus memiliki cara berfikir atau mindset bisnis yang benar.

Putuskan apa yang mau Kamu jual.

Bangun website jualan maupun toko online.

Promosikan di social media website Anda.

Temukan mentor dan lingkungan yang positif.

Penjabarannya adalah sebagai berikut, tetaplah menyimak…

 

Miliki Mindset Bisnis Yang Benar

 

Mindset bisnis online – Pesan ini mungkin udah terlalu sering Anda baca.

 

Ingat, yang mau Anda kerjakan adalah membangun BISNIS. Sehingga memiliki mindset bisnis yang benar serta sikap mental yang positif, adalah PENTING.

 

Kita juga wajib berfikir untuk mulai membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kita.

 

Jangan sampai saat Anda telah berhasil membesarkan bisnis dengan susah payah, namun akhirnya Anda mengorbankan hal penting lainnya dikarenakan kita sibuk mengurus bisnis.

 

Kamu tentunya juga ingin selalu bersama keluarga setiap waktu, orang yang kamu cinta, atau melakukan hal-hal bermanfaat lainnya bukan?

 

Jika Kamu saat ini masih bekerja pada bisnis Kamu, maka Kamu adalah karyawan pada bisnis Kamu sendiri. Tetapi jika yang Kamu jalankan adalah berusaha menjadikan bisnis Anda berkembang seiring waktu, seperti dari 1 menjadi 2, dari 2 menjadi 10, dst, maka Anda adalah pebisnis.

 

Dan sama seperti bisnis lainnya, ketika Anda memutuskan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan, seperti:

 

  • Produk yang akan dijual.
  • Pasar yang akan disasar.
  • Strategi pemasaran.
  • Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.

 

Untuk itu, sebelum memikirkan hal tersebut, benerin dulu mindset Kamu.

 

Terkadang penentu keberhasilan suatu usaha, 95% ditentukan oleh seberapa berkualitas kepribadian kita. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya adalah yang sifatnya teknis.

 

Anda mungkin saja memiliki keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan macam-macam tampian dan fitur yangamat keren. Atau, bisa saja Anda sangat ahli dalam suatu bidang.

 

Namun kalau Anda tak mempunyai visi terhadap bakat Kamu, tidak mempunyai semangat untuk belajar dan bertahan, ya sama saja, bisnis Anda akan segitu-segitu saja.

 

Usahakan supaya bisa memberikan manfaat bagi orang-orang dilingkungan Anda, dan juga bagi kebaikan sesama. Kalau sudah begini, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.

 

Tujuan utama kita dalam berbisnis selain mempunyai penghasilan, juga agar dapat melayani lebih banyak orang?

#2 – Mulai Dengan Jualan

Riset Produk, Langkah kedua bisnis online, adalah putuskan apa yang ingin Anda jual.

 

Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, Kamu harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu.

 

Contoh Bisnis Online Sukses

Ya.. JU-A-LAN, JUALAN…!!!

 

Renungkan, kira-kira apa yang ingin Anda tawarkan ke orang lain lewat media online.

 

Resepnya, silahkan catat, ini penting…

 

Di bawah ini beberapa tips cara menemukan produk yang hendak dijual:

 

Apa yang diperlukan oleh masyarakat, carilah apa saja yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Kamu.

Kamu adalah pemecah masalah, Anda adalah pemberi solusi dari masalah orang-orang.

Jual manfaat yang bisa Kamu sediakan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.

keseringan orang gagal pada tahapan ini. Orang pada umumnya fokus mencari produk, tidak pada kebutuhan orang-orang. Hingga banyak yang lebih memilih menyerah sebelum tercapai penjualan pertama.

 

Saya sarankan, lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk yang perputaran dan lakunya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.

 

Pengalaman pribadi kalau produk kita yang butuh terlalu sedikit atau pasarnya sempit, kita akan gampang menyerah sebab dagangan tidak kunjung laku.

Yang ingin saya sampaikan adalah, rasanya kegiatan bisnis dan jualan kita akan berasa lebih greget serta menggairahkan kalau sebentar-bentar HP kita bordering atau INBOX email kita penuh dengan email pemesanan produk / jasa kita.

 

Ya atau ya…?

 

Jenis produknya, bisa produk fisik, jasa, ataupun digital.

 

Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal smartphone, motor, makanan, fashion, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.

Contoh produk digital, bisa berupa ebook, produk informasi, kursus online, pulsa dan sebagainya.

Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa online marketing, pembuatan website, rental mobil, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.

Tak usah terlalu detil, yang penting Anda mempunyai gambaran besar tentang rencana Kamu dan mengerti pola pemasaran online.

 

Nah, berdasarkan pengalaman saya juga, langkah pertama ini adalah yang tersulit.

 

Kenapa?

 

Karena anda harus membuat konsep usaha, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan harus juga belajar ilmu bisnis.

 

Biasanya masalah yang timbul pada fase ini adalah, kita menginginkan segala sesuatu sempurna. Dan bisa ditebak, akhirnya malah nggak jalan-jalan.

 

Jika saya diizinkan memberi masukan, pada tahap awal ini Anda tidak perlu terlalu detil dulu. Kamu harus rela untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan mungkin uang, UNTUK BELAJAR.

 

Mulailah dengan menjadi seorang reseller atau dropship, menjual produk orang, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor (affiliate marketing).

 

Contohnya: jualan pulsa, jualan tiket pesawat, agen perumahan & properti, agen travel, jual baju / produk fashion dengan strategi konsinyasi, jual ebook orang lain, jual aplikasi software suatu vendor, dll.. dll.. banyak banget.

 

Hingga pada tahap awal ini Anda tak dibebani dengan biaya operasional yang besar dan kerugian pun bisa minimal.

 

Studi Kasus – Bisnis Online Jualan Celana Kerja Wanita

 

Bila Anda telah membaca hingga di sini, tapi masih bingung juga dan belum menemukan produk untuk dijual, bisa kamu coba mulai dengan berjualan Celana Kerja Wanita.

 

Bisnis jualan Celana Kerja Wanita ini sangat asyik, sebab celana kerja adalah kebutuhan pokok, terlebih buat wanita yang sangat menjaga penampilan, Jualan celana kerja wanita pasarnya sangat luas.

 

Bagi yang baru memulai, tidak akan kaget menjalankannya. Sehingga bisa dijadikan batu loncatan dan sarana pembelajaran untuk bisnis online lainnya yang lebih menantang.

 

Keuntungan memulai bisnis dengan berjualan celana kerja wanita, pasarnya sangat jelas yaitu wanita yang bekerja, dan celana kerja wanita adalah kebutuhan perempuan yang bekerja. Selain wanita pekerja celana ini juga amat banyak dipakai oleh mahasiswi dan ibu rumah tangga, karena sangat nyaman dan enak dibawa bekerja, jadi sangat menunjang produktivitas.

 

Cara jualannya pun fleksibel, bisa lewat offline dan online. Bahkan, buat Anda yang sudah bergabung, juga bisa menjalankan konsep bisnis afiliasi (affiliate marketing) seperti yang tadi sudah saya singgung.

 

Penasaran? Kamu bisa bergabung disini, klik → Jadi Reseller Celana Kerja Wanita.

 

Tidak perlu khawatir, bergabung di bisnis ini GRATIS!

 

Toko kami beralamat di Pasar Baru Trade Center Lantai 3 Blok B2 No.1, Toko Jaunty.  Di dunia maya kami dikenal melalui website jauntyamara.com

 

Monggo dicoba, moga cocok yah 🙂

 

Kembali ke atas ▲

 

#3 – Buat Toko Online atau Website Jualan

 

Tahapan ketiga adalah bikin website jualan atau toko online. Atau sering di sebut lapak online.

 

Nantinya ini kita pergunakan buat tempat jualan online atau berpromosi di internet.

 

Kalau kita ingat ke langkah sebelumnya, kita mesti menetapkan produk-jasa apa yang ingin kita jual. istilah sederhananya, apa yang ingin anda tawarkan kepada orang lain.

 

Nah, jika kamu sudah menemukannya, maka kamu wajib mempromosikan dan menjualnya agar orang lain tahu. Dan kita butuh tempat.

 

Karena kita ingin manfaatkan internet atau berjualan via online, maka langkah cara jualan online nya adalah:

 

Jika kamu baru memulai, cobalah jualan lewat pasar online (situs marketplace), situs media social, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.

Kalau Anda sudah ingin lebih serius, Kamu bisa mulai membuat website sendiri.

Untuk yang pertama, contohnya adalah jualan lewat media sebagai berikut:

 

Market place – olx, lazada, toko pedia, buka lapak, dll.

Socmed – twitter, instagram, facebook.

Aplikasi social chat – BBM, LINE, WhatsApp, Telegram.

Mengapa saya merekomendasikan langkah-langkah tersebut?

 

Karena untuk membuat akun di situs-situs tersebut gratis, dan dapat langsung kita manfaatkan buat jualan dan promosi tanpa harus membuat sistem website nya, tampilannya, dan lain sebagainya.

 

Pilih channel yang paling nyaman dan anda kuasai, syukur bisa pakai semuanya. Kalau belum bisa semua saran saya paling tidak pelajari yang Facebook, Instagram, dan BBM.

 

Dan khusus untuk yang aplikasi social chat, sebenarnya itu lebih tepat buat sarana komunikasi dengan pelanggan maupun prospek. Seperti kalau pas mau transaksi, tanya-tanya detil produk, dan konfirmasi pembayaran.

 

Untuk penjelasan langkah kedua, yakni dengan bikin web sendiri, tujuannya website ini nantinya akan kita buat sebagai lapak online atau workshop RESMI kita di dunia maya.

 

kelebihannya, bila kamu sudah mempunyai web sendiri, ke depannya bisa kita jadikan sebagai PUSAT tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

 

Jadi kalau kita bikin status di social media, forum, dll, bakalan lebih keren bila di bagian bawah status tersebut kita kasih link menuju situs kita.

 

Hehe, betul??

 

Kadang website juga bisa dijadikan ukuran apakah orang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak. Dengan memiliki website, biasanya orang lain akan jadi lebih yakin jika hendak bertransaksi dengan kita.

 

Dalam kegiatan membuat web, Anda bakal banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, seperti belajar menginstal aplikasi website, dan mungkin sedikit belajar bahasa pemrograman web.

 

Jangan cemas, langsung bilang “saya gaptek”, “nggak ngerti teknologi”, “saya bukan anak sekolahan”, dan kata-kata sejenis lainnya.

 

Sebab website yang mau kita bangun adalah jenis website yang praktis, nggak pakai ribet. Istilah kerennya, tinggal “plug and play”… pasang lalu pakai…

 

Lagipula, disinilah tantangannya dalam berbisnis online.

 

Dan bila Anda masih bingung, jangan khawatir, banyak orang yang menyediakan jasa membuat web berikut optimasinya. Salah satu yang saya kenal adalah Mas Fian, silahkan anda hubungi di 081511194344.

 

Untuk mulai membuat web, kita akan memerlukan nama domain dan hosting buat membuat website.

 

Lalu apa itu domain? Dan apa itu hosting?

 

Domain adalah nama website Anda, contoh: www.jauntyamara.com.

Hosting adalah tempat untuk menaruh nama domain Kamu dan file-file pembentuk website.

Ibarat bangunan toko, nama domain adalah alamat toko Kamu. Jadi usahakan ketika Kamu memutuskan untuk membuat nama domain, sesuaikan dengan nama Anda, atau topik website Kamu, ataupun jenis usaha Anda.

 

Dan buat hosting, jika menggunakan analogi bangunan toko di atas, hosting itu laksana tanah. Makin luas kapasitas hosting, maka akan semakin luas pula ukuran tanah toko Kamu.

 

Harus selalu diingat, domain dan hosting adalah satu kesatuan, dan tak bisa dipisahkan kalau hendak membuat web.

 

Tentang bagaimana cara membuat website nya, dapat dengan membuat website gratisan dan website berbayar. Seperti apa? Akan kami ulas dalam artikel kami yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *