Batuk Saat Hamil Besar

MEREDAKAN BATUK PADA ANAK

Batuk Saat Hamil Besar

Batuk Saat Hamil Besar

Batuk Saat Hamil Besar – Di saat batuk, selalu saja anak menjadi gelisah dan tidak tenang ketika tidur karena terganggu oleh batuknya, menurunnya nafsu makan dikarenakan rasa tidak nyaman di tenggorokan, dan juga muntah berulang yang di pengaruhi oleh batuk.

Mengingat banyak diantara kasus batuk pada anak-anak bersifat self limiting (dapat sembuh dengan sendirinya), orangtua dapat memberikan terapi non-obat yang bermanfaat, seperti:

Pada batuk berdahak, perbanyaklah meminum air putih (hangat) manfaatnya sama dengan obat mukolitik, yaitu dapat membantu mengencerkan dahak. Ingus dan juga lendir pada tenggorokan akan mengencer dangan banyak meminum air putih hangat.

Bayi kurang 6 bulan yang mendapatkan ASI eksklusif disarankan untuk sering-sering menyusu.

Bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif  dapat di berikan air putih hangat 1-3 sendok teh sebanyak 4 kali sehari, Untuk bayi yang mendapat ASI eksklusif bisa di berikan setelah berumur lebih dari 6 bulan.

ibu juga bisa memberikan madu kepada anak , madu juga dapat di jadikan sebagai alternatif penyembuhan dan manfaatnya telah di aku oleh para dokter. Penelitian American Academic of Pediatric pada tahun 2008 mengungkapkan madu bisa meredakan batuk anak di malam hari dan lebih aman untuk mengatasi batuk anak. Madu lebih efektif jika dibandingkan dengan kandungan utama dalam obat batuk atau dalam kedokteran di sebut dextromethrophan.

Namun untuk bayi yang masih berumur kurang dari 1 tahun tidak boleh di berikan madu, untuk menghindari tejadinya keracunan.

{Pemberian madu sesuai usia|Berikut aturan Pemberian Madu Sesuai Usia:

Usia 2-5 tahun: 1/2 sendok teh

Anak Usia 6 sampai 11 tahun: 1 sendok teh

Usia > 11 tahun: 2 sendok teh

Buatlah Larutan garam dalam segelas air hangat dengan mencampurkan garam ½ hingga 1 sendok teh. Teteskan 2sampai3 tetes pada lubang hidung anak kemudian sedot dengan suction atau penyedot ingus. Hal ini dapat mengurangi sumbatan pada hidung anak. Bagi anak yang sudah besar larutan garam tersebut bisa untuk berkumur, bisa bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Usapkanlah balsam secukupnya pada tubuh anak, akan tetapi jangan di usapkan di bagian bawah hidung. Balsam yang mengandung mentol, camphor, dan minyak eucaliptus dapat meredakan batuk pilek serta membuat anak tertidur nyenyak.

Berikanlah Makanan atau minuman kapada anak dengan porsi yang sedikit namun dilakukan lebih sering, agar anak tidak mual .

Jangan membolehkan anak yang sedang batuk memakan atau meminum sesuatu yang memicu timbulnya batuk, misalnya es, permen, coklat dll.

Jauhkanlah anak dari asap rokok, karena itu bisa memperparah batuk.

Minta anak untuk banyak beristirahat. Jangan bolehkan bermain berlebihan.

Baca juga

Cara agar anak cepat pintar bicara

Rahasia anak cerdas sejak dalam kandungan

Bagikan Artikel Ini Kepada Yang Lain

Anak yang sedang sakit batuk membuat Anda ”kerja lembur” karena terjaga sepanjang malam. Apakah Anda tahu? Anda tidak perlu membawa anak ke dokter, sebab melalui 4 cara ini anak bisa sembuh?

Anak yang batuk umumnya di barengi dengan demam, sangat jarang anak yang terkena batuk tapi tidak demam. Semua ibu pasti pernah mengalaminya, pernah menghadapi anak sakit terutama sakit batuk, dan itu adalah saat-saat paling menegangkan!

Setelah flu atau pilek berakhir, Anda masih harus mengatasi batuk pada anak yang sepertinya tidak kunjung sembuh.

 

Jangan meremehkan batuk pada anak dengan sembarangan memberikan obat!

Batuk pada anak, baik yang berdahak maupun kering, sama-sama dirasa mengganggu aktivitas sehari-hari seorang anak.

Ada dua jenis batuk pada anak, yang pertama batuk kering, jenis batuk ini biasanya akan memburuk pada waktu malam hari, dan akibatnya anak kesulitan untuk tidur, dan Anda juga akan begadang semalaman untuk menjaga anak anda. Sedangkan untuk batuk berdahak lebih fatal lagi, karena bisa berujung pada bronkitis kalau dahak tidak dapat dikeluarkan.

Batuk Saat Hamil Besar

Bahaya di balik obat batuk di pasaran

Para ahli menyarankan kepada para orang tua yang memiliki anak sedang terkena sakit batuk, untuk jangan asal membeli obat di pasaran, jangan lupa sebelum membeli obat di pasaran perhatikan baik baik keterangan yang terdapat pada label obat tersebut.

Obat batuk yang mengandung dekstromethorpan dan guaifenesin baiknya dihindari sebab terlalu keras untuk anak, apalagi  anak yang berusia di bawah 4 tahun.

Sebaliknya, para ahli menyarankan sejumlah obat alternatif yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan batuk pada anak. Anda bisa memberikannya saat keadaan tak memungkinkan untuk Anda untuk pergi ke dokter, misalnya karena cuaca buruk, dsb.

Dan obat alternatif tersebut bisa Anda temukan dengan sangat mudah di sekitar rumah Anda!

Batuk Saat Hamil Besar

Namun apa saja obat alternatif tersebut? Jawabannya ada di bawah ini:

Obat alternatif penyembuh batuk pada anak

Madu

Sebenarnya madu jauh lebih efektif menyembuhkan batuk pada anak dibandikan dengan obat batuk lain.

Madu mempunyai kandungan zat antimikrobial dan juga antioksidan alami memperkuat tubuh guna memerangi bibit penyakit. Madu juga bermanfaat untuk menstimulasi salivasi yang memicu keluarnya air liur secara berlebihan serta mampu meredakan rasa kering pada tenggorokan.

 

Berikut ini aturan pemakaian madu pada anak :

Setengah sendok teh madu untuk anak berusia 2 hingga 5 tahun

Untuk anak yang berusia 6 hingga 11 tahun gunakanlah 1 sendok teh madu

2 sendok teh madu untuk anak berusia 12 tahun ke atas.

Perlu di ingat, jangan perna berikan madu pada bayi berusia kurang dari 1 tahun, sebab sistem pencernaan bayi belum cukup kuat untuk mencerna zat yang terkandung di dalam madu.

 

Obat gosok

Oleskan obat gosok di bagian telapak kaki kemudian kenakan kaus kaki pada mereka supaya tetap hangat obat gosok pada telapak kaki. Gunakanlah obat gosok yang tepat untuk anak. Jangan menggunakan balsem yang khusus orang dewasa untuk anak, karena nanti anak akan rewel.

Uap

Masaklah air hingga mendidih lalu tuangkan air ke dalam baskom atau mangkuk. Gendong atau pangkulah anak dan dekatkan anak dengan mangkok atau baskom yang diberi ari panas tadi hingga anak terkena uap air tersebut, namun jangan terlalu dekat, berilah jarak aman agar tidak terkena air panas tersebut, mintalah kepada anak anda untuk menghirup uap dari air panas tersebut. Campurkan beberapa tetes minyak esensial menthol di dalamnya untuk hasil yang terbaik.

 

Sup ayam

Sup sayuran yang hangat baik untuk meredakan batuk anak Anda, Menurut para ahli kesehatan, sup ayam mempunyai kandungan semacam zat yang memperlambat pergerakan sel penyebab gangguan kesehatan pada tubuh. Sup sayur atau ayam juga bisa meningkatkan pergerakan lendir yang bisa memperbaiki sistem pencernaan.  Batuk Saat Hamil Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *